Senin, 21 Maret 2011

MEMBACA CEPAT

 MEMBACA

• MEMBACA CEPAT 300KATA PER-MENIT
Membaca cepat sangat penting artinya bagi kita. Selain dapat menghemat waktu,membaca cepat juga membuat kita mampu menyerap informasi secara efektif. Pada masa globalisasi, informasi berubah dengan sangat cepat yang menuntut kita untuk rajin membaca agar tidak ketinggalan. Hanya orang yang rajin dan gesit membacalah yang akan bisa mengikuti perkembangan zaman. Keuntungan dan manfaat yang dapat diperoleh dari pembaca antara lain sebagai berikut:
1. Menghemat waktu
2. Meningkatkan efisiensi
3. Memiliki nilai yang menyenangkan dan menghibur
4. Memperluas cakrawala mental
5. Membantu berbicara secara efektif
6. Membantu menghadapi ujian

Kemampuan membaca cepat mencakup 2 kemampuan, yaitu kemampuan skimming dan scanning(membaca memidai). Pada bagian ini kita akanmembahas skimming. Skimming Adalah tindakan mencari gagasan pokok atau hal-hal penting dari bacaan secara cepat. Skimming dapat juga diartikan sebagai keterampilan membaca yang di atur untuk mendapatkan hasil yang efisien. Skimming dapat di lakukan jika seseorang ingin:

1. Mengenali topik bacaan atau mimilih bacaan
2. Mengetahui pendapat seseorang secara umum
3. Mendapat bagian penting dari suatu bacaan tanpa membaca keseluruhan
4. Melakukan penyagaran akan apa yang pernah di baca









• MENGETAHUI TINGKAT KECEPATAN MEMBACA
Jika ingin mengetahui tingkat kecepatan kita sendiri dalam membaca, ada 2 cara yang digunakan:

a. Menghitung jumlah kata per-menit
Untuk dapat mengetahui jumlah kata yang mampu kita baca setiap menitnya,kita bisa menggunakan rumus.



b. Membuat tabel kecepatan membaca
Kita juga dapat membuat tabel kecepatan membaca. Tabel ini terdiri atas 2 kolom:kolom pertama berisi waktu yang diperlukan dan kolom kedua berisi kecepatan membaca yang ditunjukan dengan jumlah kata yang dapat dibaca per-menitnya.

 MENULIS

• MENULIS RANGKUMAN/RINGKASAN ISI BUKU
Menulis rangkuman atau ringkasan adalah merupakan salah satu bentuk reproduksi.reproduksi maksudnya adalah penulisan kembali berdasarkan karangan yang sudah disusun sebelumnya.
Membuat Rangkuman berarti menyarikan isi bacaan. Salah satu manfaat yang bisa diambil dari rangkuman adalah untuk mempermudah memahami baka. Rangkuman memberikan gambaran terhadap keseluruhan isi buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar